Skip to main content

Jenis Jenis Ikan Koi Di Dunia, Mulai Dari Harga Murah Ke Mahal Dan Laris

Jenis Jenis Ikan Koi Di Dunia - Ikan koi atau juga biasa disebut dengan ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang bisa dijadikan primadona dan penghias sebuah ruangan. Karena ikan koi ini berwarna emas dengan berbagai corak warna-warni di tubuhnya.

Ikan koi ini juga pertama kali dipopulerkan di Jepang. Sedangkan di negara kita sendiri yaitu Indonesia, ikan koi baru dibudidayakan pada tahun 1960-an.

Keberadaan ikan koi ini juga mampu memberikan peluang bisnis tersendiri bagi para pengusaha budidaya ikan, karena harganya yang mahal dan mudah dikembangbiakkan.

Jenis Jenis Ikan Koi Di Dunia, Mulai Dari Harga Murah Ke Mahal Dan Laris

Orang Cina juga memiliki kepercayaan bahwa ikan koi memiliki simbol kekuatan dan juga legenda negara yang kejam ini percaya bahwa ikan koi ini dapat berenang hingga ke air terjun di Sungai Kuning di Cina.

Jenis Jenis Ikan Koi Di Dunia

Ikan koi diperkenalkan ke Indonesia pada tahun 1960-an ketika Presiden Soekarno menjalin hubungan persahabatan dengan para pemimpin di China.

Saat itu orang Tionghoa sedang berkunjung ke Indonesia, kemudian beberapa tokoh Tionghoa memberikan hadiah menarik kepada Bung Karno berupa ikan koi.

Jenis Jenis Ikan Koi Di Dunia

Macam Jenis Ikan Koi

1. Ikan Koi Kohaku

Ikan koi koi merupakan salah satu ikan koi yang memiliki warna putih pekat dengan sedikit warna merah pada tubuhnya. Jenis ikan koi ini merupakan ikan koi yang paling terkenal dan tertua di antara jenis ikan koi lainnya.

Ada banyak variasi dari ikan koi koi ini, antara lain: Kohaku Gin Rin, Kohaku Doitsu, Kohaku Tancho, dan Kohaku Maruten.

2. Ikan Koi Showa Sanshoku

Ikan Koi Showa Sanshoku adalah jenis ikan koi yang memiliki kombinasi warna merah, putih dan hitam pada tubuhnya.

Perpaduan warna ikan koi ini juga memiliki kemiripan dengan ikan koi sanke bagi orang yang belum mengetahui secara detail tentang kedua jenis ikan koi ini akan sulit untuk membedakannya.

Ikan koi Showa sanshoku memiliki variasi, antara lain: Showa Tancho, Showa Maruten, Showa Gin Rin, Showa Doitsu, dan Showa Kin.

3. Ikan Koi Kin Kikokuryu

Ikan Koi Kin Kikokuryu adalah jenis ikan koi yang memadukan warna orange atau kuning dengan pola kikokuryu hitam putih.

4. Ikan Koi Kikokuryu

Ikan Koi Kikokuryu adalah jenis ikan koi yang memiliki warna dasar putih dengan kombinasi warna hitam pada satu baris sisik, di sepanjang baris luar punggung, di kepala dan juga di sekitar mata dan hidung.

5. Ikan Koi Goromo

Ada tiga sub jenis Ikan Koi Goromo yaitu Koi Budo Goromo yang memiliki tepi berwarna biru di bagian luar sisiknya, Ikan Koi Ai Goromo yang memiliki tepi berwarna biru hanya di bagian dalam sisiknya yang berwarna merah, Sumi Goromo juga memiliki tepi berwarna hitam. di tepi. keseimbangan. Ikan Koi Goromo ini memiliki variasi yaitu Tancho Goromo dan Maruten Goromo.

6. Ikan Koi Soragoi

Ikan Koi Soragoi adalah jenis ikan koi yang memiliki pola jaring halus di punggungnya dengan warna abu-abu atau perak. Ikan Koi Soragoi ini memiliki variasi yaitu Gin Rin Soragoi dan Doitsu Soragoi.

7. Ikan Koi Tancho Kikusui

Ikan Koi Tancho Kikusui yang juga memiliki warna dasar putih dengan kombinasi warna merah atau orange. Ikan koi Tancho Kikusui adalah satu-satunya dari varietas Kikusui.

8. Ikan Koi Hariwake

Koi Hariwake ini memiliki warna dasar putih solid yang bisa dipadukan dengan motif merah atau oranye. Warna putih Koi Hariwake jauh lebih cerah daripada putih Kohaku Koi dan Sanke Koi. Ikan koi hariwake juga memiliki variasi, antara lain Hariwake Tancho, Hariwake Gin Rin, dan Hariwake Doitsu (Kikusui).

9. Koi Ogon Platinum

Koi Ogon Platinum atau yang juga dikenal dengan Ogon Purachina memiliki warna putih tanpa kombinasi warna lain. Ada juga beberapa variasi ikan koi Ogon Platinum yaitu Ogon Platinum Gin Rin dan Ogon Platinum Doitsu.

10. Ikan Koi Ki Utsuri

Koi Ki Utsuri adalah salah satu jenis ikan koi utsuri yang paling langka dengan kombinasi warna kuning dan hitam. Ikan ini memiliki kemiripan dalam kombinasi warna dengan shiro dan hi utsuri.

Demikian Jenis Jenis Ikan Koi Di Dunia, jenis manakah yang paling anda suka? dan jenis mana yang paling mahal?.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar