Skip to main content

Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Besar

Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Besar - Ingin beternak ikan gabus tapi tidak tahu caranya? atau budidaya ikan gabus sebagai bisnis ikan? Siapa yang tidak kenal dengan ikan gabus, sejenis ikan air tawar yang bermanfaat sebagai penyembuh luka oleh ibu hamil.

Tidak hanya itu, pemancing maniak suka memanfaatkan dan berlomba-lomba membuat umpan mancing ikan gabus ini, selain mudah didapat ternyata memiliki harga jual yang tinggi, dan masih banyak yang membutuhkan.

Bagi pemula yang ingin mengetahui cara budidaya ikan gabus, hal ini sangat tepat, karena artikel atau makalah ini akan mengulas secara tuntas cara beternak ikan gabus dan makanan yang baik untuk pertumbuhan yang cepat. Berikut beberapa cara membudidayakan ikan gabus agar hasilnya cepat melimpah:

Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Besar

Sekarang sistem budidayanya sangat mudah sob, tinggal pesan bibit ikan, kemudian baru lakukan pemijahan ikan gabus. Karena ikan gabus merupakan ikan asli Indonesia yang banyak ditemukan di sungai, sawah, waduk, dan rawa-rawa, sehingga produksi gabus sudah tersedia.

Pemijahan ikan gabus umumnya dilakukan pada bulan Oktober – November yang merupakan tempat di Kalimantan dan Jawa Timur. Hal ini dikarenakan mereka suka menggali manfaat ikan gabus berupa asam amino yang lengkap, terdiri dari esensial dan non esensial.

Perbedaan Ikan Gabus Jantan dan Betina

Usahakan untuk memilih ikan gabus yang beratnya kurang lebih 1 kg untuk budidaya.

Ciri-ciri indukan jantan

bentuk kepala lonjong, warna tubuh gelap, bukaan kelamin merah, dan jika dipijat bagian perut akan mengeluarkan warna putih.

Ciri-ciri induk ikan gabus betina

Bentuk kepala membulat, warna badan cerah, perut lebih besar dan lembek, jika perut dipijat akan mengeluarkan telur.

Cara Pemijahan Ikan Gabus

Wadah pemijahan dapat berupa bak dinding, bak terpal, bak tanah, dan jenis wadah besar lainnya. Untuk dinding atau bak beton umumnya berukuran 7 x 4 x 2 m W x W x H, kemudian dijemur selama 2 – 4 hari, sebaiknya 3 hari.

Kemudian isi bak dengan ketinggian 50 cm terlebih dahulu dan biarkan selama 3 hari hingga tumbuh lumut untuk bahan kuliner alternatif yang baik untuk budidaya ikan gabus. Pada saat pemijahan, tambahkan jenis tumbuhan air berupa eceng gondok sebagai eksitasi untuk pemijahan dan pakan.

Kemudian masukkan indukan jantan sesuai jumlah yang anda berikan, jika disini sudah 30 dan induk betina juga 30 ke dalam tangki budidaya, maka biarkan pemijahan berlangsung.

Cara Budidaya Ikan Gabus

Saat melihat telur muncul, segera ambil dengan alat yang lembut (smooth skupnet). Telur siap menetas. jangan lupa untuk selalu mengontrol tangki budidaya setiap hari, karena induk betina dapat menghasilkan 10.000 - 11.000 butir telur.

Proses Penetasan Telur Ikan Gabus

Pada umumnya cara budidaya ikan gabus untuk penetasan telur diletakkan di akuarium, agar lebih mudah dalam pengendaliannya. Biarkan telur menetas sendiri, yang biasanya hanya membutuhkan waktu 24 jam. Larva tidak boleh diberi makan, karena masih memiliki cadangan makanan berupa sisa kuning telur.

Cara Merawat Larva Budidaya Ikan Gabus

Mulai umur 2 hari hingga 15 hari, Anda bisa memberikan pakan berupa artemia 1 hari sebanyak 3 kali sesuai kebutuhan. Ganti air akuarium dengan hanya 50% isinya, agar sisa makanan bisa hilang dengan tetap menjaga kualitas air agar selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ukuran air yang cocok untuk perawatan budidaya ikan gabus biasanya 1 liter air diisi 5 ekor larva. Jangan makan terlalu banyak agar lele cepat tumbuh besar dan sehat.

Cara Merawat Ikan Gabus Agar Cepat Besar

Persiapan Kolam dan Air

Dalam cara budidaya ikan gabus, jika menggunakan bak terpal atau bak gerabah tinggal menyesuaikan saja. Karena disini menggunakan tembok atau bak beton dengan ukuran 2 m - 5 m. Berikut ini adalah tahapan pembuatan kolam :

  • Gali tanah kemudian biarkan selama 3 - 7 hari.
  • Taburkan pupuk kandang berupa kotoran hewan dengan ketebalan 25 - 30 cm.
  • Tambahkan kapur dolomid di atas pupuk kandang.
  • Kemudian biarkan lagi selama 2-3 hari agar semuanya larut ke dalam tanah.
  • Manfaat tersebut menjadikan plankton sebagai makanan terbaik untuk tumbuh dan sehat, biasanya berupa lumut, kutu air, plankton.
  • Isi air dengan ketinggian 50 - 80 cm dan biarkan selama 5 - 7 hari.

Menabur Benih Ikan Gabus

Dalam budidaya ikan gabus, sistem distribusi benih atau bibit ikan gabus dapat dilakukan setelah ikan mencapai umur 2 minggu. Masukkan bibit gabus secara perlahan, saat ini ikan akan memakan plankton dan kutu air yang baik untuk pertumbuhan. setelah 2 hari baru tambahkan pakan pelet.

Makanan yang Baik untuk Budidaya Ikan Gabus

Usahakan memberi pakan pelet yang banyak mengandung protein, lemak, dan karbohidrat. Yaitu kisaran 15% protein, 15% lemak, dan 10% karbohidrat. Pakan pelengkap bisa berupa udang kecil dan teri, serta anak ayam rayap, ampas dapur.

Cara membuat pakan untuk budidaya ikan gabus agar cepat tumbuh dan baik untuk pertumbuhan yaitu campuran ikan teri 20%, ampas tahu 20%, dedak 20%, dan jagung 10%. Setelah semua bahan direbus, kemudian ditumbuk dan diaduk hingga rata, kemudian dijemur hingga kering dan pakan ikan gabus sudah siap.

Budidaya Ikan Gabus - Waktu Panen

Inilah yang ditunggu-tunggu oleh semua pembudidaya dari semua jenis ikan. Sobat bisa mulai memanen satu bak terlebih dahulu sedikit demi sedikit sesuai tingkat kebutuhan pasar. berbeda dengan lele yang dapat dipanen secara seragam.

Mengapa demikian, karena ikan gabus memiliki daya tahan tubuh yang tinggi. Umur ikan gabus biasanya tidak kurang dari 2 - 3 bulan, bahkan kurang tergantung makanan pendukungnya.

Proses Seleksi dan Pemberian Makanan yang Baik untuk Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar yang agak rakus, jadi jangan sampai terlambat dalam memberikan makanan, mungkin jika terlalu lapar akan memangsa jenis ikan gabus lainnya.

Sortasi atau seleksi ikan gabus bisa dilakukan sebulan sekali, hal ini untuk membuat dan mendapatkan ikan yang berkualitas dan cepat.

Demikian teman-teman sedikit review tentang cara budidaya ikan gabus agar hasil yang melimpah ini bisa cepat berkembang biak, semoga bermanfaat dan bisa memberikan wawasan dan pengetahuan bagi kita semua di tingkat perawatan ikan gabus sebagai wadah ikan selanjutnya. bisnis.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar